Oleh : Kanaidi, SE., M.Si & Suparno Saputra,
SE., MM
(Penelitian
Hibah Bersaing DIKTI/DIKNAS 2011)
Metode Penelitian
3.1. Operasionalisasi Variabel Penelitian
Variabel yang dianalisis dalam penelitian ini terdiri
dari variabel-variabel yang berkaitan dengan internal marketing (X) dan
kesiapan karyawan (Y). Sedangkan perubahan organisasi dan good corporate governance (GCG) adalah sebagai kondisi dalam variabel dependen. Oleh karena itu batasan operasionalisasi variabel penelitian ini dibangun berbasis kajian teoritis yang disesuaikan dengan
tujuan penelitian. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka variabel
operasional penelitian ini dapat
dirinci sebagai berikut:
1
Variabel internal marketing, diukur dengan menggunakan indikator sebanyak empatbelas item pertanyaan
2 Variabel kesiapan
karyawan menghadapi perubahan, diukur dengan
menggunakan indikator sebanyak duabelas item pernyataan.
3
Kesiapan
karyawan
dalam Mendukung Perubahan diukur
dengan menggunakan indikator sebanyak
delapanbelas item pernyataan.
4 Good Corporate Governance (GCG) diukur dengan menggunakan indikator sebanyak duabelas item pernyataan.
3.2. Populasi dan Teknik Penetapan Sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah para karyawan di lingkungan PT Pos Indonesia
(Persero) yang memiliki potensi sebagai pelaksana dalam menghadapi perubahan organisasi dan dukungan
penerapan good corporate
governance (GCG) serta para manajer di tingkat Pusat dan
Devisi Regional PT Pos Indonesia (Persero) yang memiliki potensi sebagai penggagas (agent of changes) dalam penetapan rencana perubahan organisasi dan
penerapan good corporate
governance (GCG).
Teknik penetapan sampel dalam penelitian ini menggunakan judgment sampling, yaitu: pemilihan dan penetapan karyawan di lingkungan PT Pos Indonesia (Persero) yang memiliki potensi sebagai pelaksana
dalam menghadapi perubahan organisasi dan dukungan
penerapan good
corporate governance, serta
penetapan para manajer di tingkat Pusat dan Devisi Regional PT Pos Indonesia
(Persero) yang memiliki potensi sebagai penggagas (agent of changes) dalam penetapan rencana perubahan
organisasi dan penerapan good corporate governance (GCG). Ukuran sampel yang dianggap dapat memenuhi kebutuhan penelitian
ini adalah 200 respnden yang terdiri dari 150 orang staf dan 50 orang manajer di tingkat Pusat dan Devisi Regional PT Pos Indonesia
(Persero).
3.3. Teknik
Pengumpulan Data
Untuk
mendapatkan data primer, dalam penelitian ini digunakan teknik survei melalui;
1). Penyebaran kuesioner, merupakan tehnik
utama untuk pengumpulan data primer dari responden atas sampel yang terpilih,
sebagaimana diuraikan pada butir b di atas. Kuesioner merupakan suatu daftar
yang di dalamnya berisi sejumlah item pernyataan/pertanyaan dengan berbagai
alternatif jawaban. Terhadap
masing-masing item dari kuesioner terlebih dahulu akan dilakukan uji validitas
dan reliabilitas.
2). Wawancara, dilakukan terhadap para karyawan dan manajer terkait di lingkungan PT Pos Indonesia (Persero).
3). Studi
Kepustakaan, yaitu dengan cara mengumpulkan data dari literatur yang pernah
ditulis oleh orang-orang yang kompeten di bidangnya serta untuk memperkuat
teori-teori yang berkaitan langsung dengan objek dan permasaahan penelitian. suatu
teknik pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan langsung di lapangan
terhadap para keluarga yang ada di desa-desa di dan Kecamatan
butir 3.3 di atas.
Sedangkan
untuk mendapatkan data skunder dilakukan melalui studi kepustakaan, review
dokementasi dari ketentuan, kebijakan,
hasil studi penelitian sebelumnya, dan pemikiran/konsep lain yang terkait dan relevan dengan tujuan kegiatan. Data yang didapat akan ditabulasi dan dilakukan olah data, analisis data,
serta interpretasi data..... (baca_selengkapnya)
Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi
:
Kanaidi, SE.,
M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis,
Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
-------------------------------
Abstract
Pendahuluan
Identifikasi masalah
Model Internal Marketing
Kesiapan karyawan
mengikuti perubahan organisasi
Pengaruh komitmen organisasi terhadap kesiapan untuk berubah
Pengujian
Hipotesis.
Metode Penelitian : Operasionalisasi Variabel, Populasi dan Teknik
Penetapan Sampel, Teknik Pengumpulan Data http://ken-change.blogspot.com/2012/11/peranan-internal-marketing-dalam_8309.html
Teknik Pengolahan dan Analisis Data
Analisis dan Pembahasan
Kesimpulan dan
Saran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar