Kamis, 08 November 2012

Peranan Internal Marketing Dalam Menciptakan Kesiapan Karyawan Menghadapi Perubahan Organisasi Dan Dukungan Penerapan Good Corporate Governance (GCG) Di PT Pos Indonesia (Persero)



Oleh : Kanaidi, SE., M.Si & Suparno Saputra, SE., MM
(Penelitian Hibah Bersaing DIKTI/DIKNAS 2011)

Metode Penelitian
3.1. Operasionalisasi Variabel Penelitian
Variabel yang dianalisis dalam penelitian ini terdiri dari variabel-variabel yang berkaitan dengan internal marketing  (X) dan kesiapan karyawan (Y). Sedangkan perubahan organisasi  dan good corporate governance (GCG) adalah sebagai kondisi dalam variabel dependen. Oleh karena itu batasan operasionalisasi variabel penelitian ini dibangun berbasis kajian teoritis yang disesuaikan dengan tujuan penelitian. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka variabel operasional penelitian ini dapat dirinci sebagai berikut:
1       Variabel internal marketing, diukur dengan menggunakan indikator sebanyak empatbelas item pertanyaan
2       Variabel kesiapan karyawan menghadapi perubahan,  diukur dengan menggunakan indikator sebanyak duabelas item pernyataan.
3       Kesiapan karyawan dalam Mendukung Perubahan diukur dengan menggunakan indikator sebanyak delapanbelas item pernyataan.
4       Good Corporate Governance (GCG) diukur dengan menggunakan indikator sebanyak duabelas item pernyataan.

3.2. Populasi dan Teknik Penetapan Sampel
Populasi dalam penelitian ini adalah para karyawan di lingkungan PT Pos Indonesia (Persero) yang memiliki potensi sebagai pelaksana dalam menghadapi perubahan organisasi dan dukungan penerapan good corporate governance (GCG) serta para manajer di tingkat Pusat dan Devisi Regional PT Pos Indonesia (Persero) yang memiliki potensi sebagai penggagas (agent of changes) dalam penetapan rencana perubahan organisasi dan penerapan good corporate governance (GCG).
Teknik penetapan sampel dalam penelitian ini menggunakan judgment sampling, yaitu: pemilihan dan  penetapan karyawan di lingkungan PT Pos Indonesia (Persero) yang memiliki potensi sebagai pelaksana dalam menghadapi perubahan organisasi dan dukungan penerapan good corporate governance, serta penetapan para manajer di tingkat Pusat dan Devisi Regional PT Pos Indonesia (Persero) yang memiliki potensi sebagai penggagas (agent of changes) dalam penetapan rencana perubahan organisasi dan penerapan good corporate governance (GCG). Ukuran sampel yang dianggap dapat memenuhi kebutuhan penelitian ini adalah 200 respnden yang terdiri dari 150 orang staf dan 50 orang manajer di tingkat Pusat dan Devisi Regional PT Pos Indonesia (Persero).
3.3. Teknik Pengumpulan Data 
            Untuk mendapatkan data primer, dalam penelitian ini digunakan teknik survei melalui;
1).   Penyebaran kuesioner, merupakan tehnik utama untuk pengumpulan data primer dari responden atas sampel yang terpilih, sebagaimana diuraikan pada butir b di atas. Kuesioner merupakan suatu daftar yang di dalamnya berisi sejumlah item pernyataan/pertanyaan dengan berbagai alternatif jawaban.  Terhadap masing-masing item dari kuesioner terlebih dahulu akan dilakukan uji validitas dan reliabilitas.
2).   Wawancara, dilakukan terhadap para karyawan dan manajer terkait di lingkungan PT Pos Indonesia (Persero).
3).   Studi Kepustakaan, yaitu dengan cara mengumpulkan data dari literatur yang pernah ditulis oleh orang-orang yang kompeten di bidangnya serta untuk memperkuat teori-teori yang berkaitan langsung dengan objek dan permasaahan penelitian. suatu teknik pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan langsung di lapangan terhadap para keluarga yang ada di desa-desa di dan Kecamatan butir 3.3 di atas.
            Sedangkan untuk mendapatkan data skunder dilakukan melalui studi kepustakaan, review dokementasi dari ketentuan, kebijakan, hasil studi penelitian sebelumnya, dan pemikiran/konsep lain yang terkait dan relevan dengan tujuan kegiatan. Data yang didapat akan ditabulasi dan dilakukan olah data, analisis data, serta interpretasi data..... (baca_selengkapnya)

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar